Fakta Menarik Thomas Doll Pelatih Baru Persija, Tak Pernah Kalah dari Klopp, Pesta Gelar di Hungaria

Fakta Fakta Menarik Thomas Doll Pelatih Baru Persija, Tak Pernah Kalah dari Klopp, Pesta Gelar di Hungaria Hal yang ditunggu tunggu The Jakmania, akhirnya tiba. Persija Jakarta menunjuk sosok Thomas Doll sebagai pelatih baru mereka untuk Liga 1 2022.

Thomas Doll diperkenalkan Persija melalui unggahan di media sosial klub pada Sabtu (24/4/2022) pagi WIB. Pria kelahiran 9 April 1966 itu diproyeksikan sebagai suksesor Sudirman dan Angelo Alessio yang dinilai gagal membangkitkan Macan Kemayoran musim lalu. Presiden Persija, Mohamad Prapanca mengatakan, sosok Thomas Doll merupakan pelatih yang dibutuhkan timnya.

Berbekal pengalaman mentereng sebagai pemain maupun pelatih, dia diyakini mampu mengembalikan kejayaan Persija. “Kami sudah sepakat untuk bekerja sama. Thomas Doll siap mengemban tugas sebagai pelatih Persija. Tentu kami sangat berharap dia bisa mengangkat prestasi tim lebih baik lagi,” kata Prapanca. Adapun Thomas Doll merasa senang bisa berkesempatan membela klub raksasa Liga Indonesia.

Bagi mantan pemain Lazio ini, menukangi Persija adalah tantangan baru dalam karier kepelatihannya. “Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tentu saya sangat berhasrat bisa membawa Persija ke level yang lebih tinggi. Saya sudah tak sabar untuk memimpin latihan di Jakarta,” tutur Thomas Doll. Ada sejumlah fakta menarik tentang Thomas Doll. Dilansir BolaSport , berikut rangkuman fakta fakta menarik juru taktik asal Jerman itu:

Thomas Doll tidak hanya bertugas sebagai pelatih Macan Kemayoran saja, dirinya juga akan berperan sebaga manajer tim. Sebelumnya, kursi jabatan manajer Persija diduki Bambang Pamungkas sebelum akhirnya legenda timnas Indonesia dilengserkan. Bepe sapaan akrabnya, dinilai gagal membawa Persija mencapai target finis tiga besar Liga 1 2021 lalu.

Setelah tiga tahun menukangi Hamburger SV, Thomas Doll melanjutkan kariernya dengan menjadi pelatih Borussia Dortmund pada musim 2007 2008. Sayangnya, dia hanya bertahan semusim meski berhasil mengantarkan Dortmud ke final DFB Pokal. Penyebab Thomas Doll dipecat karena Die Borussen finis di peringkat ke 13 klasemen akhir Bundesliga.

Setelah itu, posisi Thomas Doll digantikan oleh pelatih Liverpool saat ini, Juergen Klopp. Thomas Doll meraih banyak gelar juara ketika menjadi arsitek klub Liga Hungaria, SC Ferencvaros pada musim 2013 2018. Dia mengantarkan Ferencvaros menyabet tiga gelar Hungarian Cup Winner, dua trofi Hungarian Champion, dan sekali juara Hungarian League Cup.

Saat melatih Ferencvaros musim 2013 3014, Thomas Doll sempat bekerja sama dengan eks striker Persebaya Surabaya musim lalu, Arsenio Valpoort. Sebelum menjadi pelatih, Thomas Doll merupakan pesepakbola handal tim nasional Jerman. Dipercaya memakai nomor punggung 10, dirinya pernah mengatarkan Jerman Timur (sebelum reunifikasi) ke Final Eoro 1992 Swedia.

Di level klub, Thomas Doll sempat membela Dynamo Berlin, Hamburger SV, Frankfurt hingga Lazio. Saat masih membesut Hamburger SV, Thomas Doll memiliki rekor sempurna ketika bertemu Juergen Klopp. Waktu itu, Klopp yang dinobatkan sebagai pelatih terbaik FIFA 2019 masih menangani klub Jerman, Mainz.

Dari total empat pertemuan, Thomas Doll mengemas tiga kemenangan dan hanya sekali imbang melawan Juergen Klopp. Penunjukan Thomas Doll sebagai pelatih Persija dengan berbagai pengalaman dan prestasi memang cukup meningkatkan ekspektasi bagi para pendukung. Namun siapa sangka, nakhoda berusia 56 tahun itu sudah hampir dua tahun tidak merasakan ketatnya persaingan kompetisi.

Ya, Thomas Doll tidak menukangi satu pun kub sejak berpisah dengan APOEL di musim 2019/2020 lalu. Dua tahun tidak melatih dan baru pertama kali mencicipi Liga Indonesia tentu bukan tantangan muda bagi pelatih asal Eropa. Persija sebelumnya pernah menujuk pelatih yang lebih mentereng dari Thomas Doll, yakni Angelo Alessio.

Akan tetapi, mantan asisten pelatih Antonio Conte itu tidak sanggup berbuat banyak untuk Persija hingga akhirnya dipecat di pertengahan musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.